Contoh Makalah Yang Baik dan Benar

Dalam dunia pendidikan khususnya sekolah menengah sampai perguruan tinggi, memahami contoh makalah adalah kewajiban. Dengan memahaminya, siswa atau mahasiswa akan mampu membuat contoh makalah yang benar untuk tugas.

Siswa atau mahasiswa akan dituntut untuk memahami susunan, struktur, dan kerangka dari makalah dengan baik. Selanjutnya, mereka akan belajar membuatnya dalam bentuk yang sederhana sampai ke bentuk yang kompleks.

Berikut ulasan tentang makalah mulai dari definisi, struktur, jenis, sampai contoh makalah dalam format singkat.

Definisi Makalah

Sebelum membahas lebih dalam tentang contoh makalah bahasa Indonesia, ada baiknya Anda memahami apa definisi dari makalah itu sendiri. Berikut uraian selengkapnya.

1. Sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, makalah diartikan sebagai tugas yang dikerjakan oleh seorang pelajar atau mahasiswa. Tugas ini diberikan oleh guru atau dosen dan digunakan sebagai salah satu penilaian akademis.

Selanjutnya, makalah juga diartikan sebagai sebuah karya tulis yang nantinya dibicarakan atau diseminarkan. Dalam acara itu akan ada berbagai sanggahan atau tanggapan terkait materi yang disampaikan.

2. Menurut W. J. S. Poerwadarminta

Makalah merupakan uraian tertulis yang membahas sebuah masalah. Nantinya, tulisan yang sudah dibuat akan disampaikan ke ruang publik untuk mendapatkan tanggapan atau pembahasan lebih lanjut.

3. Menurut E. Zaenal Arifin

Makalah merupakan karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah dan pembahasannya berdasarkan data yang sifatnya empiris-objektif.

Perbedaan Makalah dengan Jenis Karya Tulis Ilmiah Lain

Karya tulis ilmiah umumnya terdiri dari artikel ilmiah, paper, makalah, skripsi, hingga tesis dan disertasi. Sebelum beranjak ke contoh makalah singkat atau contoh makalah sederhana, mari kita pahami perbedaan makalah dan karya ilmiah lainnya.

  • Makalah dibuat dengan struktur yang jelas, mulai dari pembukaan, isi, hingga penutup. Meski sederhana dan tidak sepanjang skripsi atau karya akhir pasca sarjana, isinya tetap padat dan sesuai fakta dan kajian literatur.
  • Terlihat perbedaan masing-masing bahasan pada makalah. Adapun artikel ilmiah biasanya menyambung jadi satu, tidak ada BAB atau sejenisnya karena difungsikan untuk cetak atau terbit online.
  • Hasil makalah akan disampaikan di depan khalayak. Dalam dunia SMA atau mahasiswa, makalah bisa disampaikan di depan kelas, sedangkan dalam dunia akademisi bisa disampaikan dalam seminar.
  • Makalah tidak harus dibuat dengan penelitian seperti layaknya tugas akhir. Biasanya ada contoh makalah yang dibuat dengan studi literatur dan pengumpulan fakta .

Ciri-ciri Makalah

Memahami ciri-ciri makalah akan membantu Anda dalam membuat contoh makalah penelitian. Berikut ciri-ciri yang harus ada di semua makalah.

  • Merupakan studi literatur dan/atau penelitian yang memiliki tema spesifik. Tema makalah pada umumnya sesuai dengan materi kuliah, sekolah, atau seminar.
  • Berisi pemahaman dari mahasiswa, siswa, atau akademisi terkait dengan teori, prosedur, prinsip, dan kesimpulan dari masalah.
  • Memiliki cakupan masalah yang terbatas dan dipaparkan pada pembahasan awal.
  • Menunjukkan kemampuan seseorang dalam melakukan penyaringan informasi sampai ke penyusunan yang lebih akademis.
  • Tidak terlalu panjang karena hanya memuat sedikit pembahasan dan diuraikan secara singkat. 
  • Merupakan contoh teks eksplanasi, yakni menjelaskan semua data dan fakta secara objektif.

Jenis-Jenis Makalah

Contoh makalah PDF untuk dibaca di gawai atau versi cetak terdiri dari beberapa jenis:

1. Makalah Ilmiah

Makalah ini umumnya dibuat dengan kajian pustaka atau literatur saja. Sering kali, makalah ilmiah dibuat oleh siswa atau mahasiswa sebagai tugas dari guru atau dosen. Maka, tema yang dibahas umumnya sangat terbatas.

Makalah yang sudah jadi nantinya akan disampaikan ke depan kelas. Semua orang akan menanggapi makalah dan melakukan diskusi. Setelah diskusi, biasanya akan ada kesimpulan dan revisi untuk membuat contoh makalah lebih sempurna.

2. Makalah Kerja

Makalah ini merupakan bentuk lebih kompleks dari contoh makalah ilmiah yang dibuat pelajar. Makalah kerja umumnya dibuat berdasarkan penelitian terkini. Nantinya, hasil penelitian akan dituangkan dalam makalah dan dijadikan bahan untuk seminar.

Makalah kerja umumnya dibuat oleh akademisi seperti dosen atau orang umum yang memiliki kompetensi unggul di bidang tertentu. Hasil seminar nantinya bisa dijadikan bahan revisi untuk diterbitkan dalam bentuk buku atau jurnal.

Dalam makalah yang kompleks khususnya dalam hal penelitian, contoh teks prosedur sering dipakai. Teks ini memperlihatkan bagaimana langkah penelitian dilakukan sampai akhirnya didapatkan data dan simpulan.

3. Makalah Kajian

Makalah kajian dibuat untuk mencari jawaban atas permasalahan tertentu. Analisis dilakukan dengan tujuan untuk menjawab masalah dengan baik dan tidak menimbulkan kontroversi. Contoh makalah jenis ini umumnya tidak diseminarkan atau dibicarakan.

Susunan, Struktur, dan Kerangka Makalah Akademik yang Baik dan Benar

Struktur makalah umumnya tidak bisa diubah-ubah. Namun, ada beberapa bagian yang bisa dihilangkan dan memunculkan intinya saja. Berikut susunan makalah yang sering dibuat.

1. Cover

Berisi informasi seputar judul, penulis, instansi, dan tahun penulisan makalah. Setiap sekolah atau kampus biasanya memiliki format atau pakem tersendiri yang harus digunakan dalam penyusunan makalah.

Contoh Cover Makalah:

Pentingnya Penggunaan Masker Wajah di Masa Pandemi Covid-19

Disusun oleh:

Nama pelajar/mahasiswa

Nomor induk

Nama instansi pendidikan

Lokasi instansi pendidikan (Misal: Surabaya)

Tahun pembuatan

Contoh Cover Makalah

2. Daftar Isi

Berisi rincian isi atau materi yang ada pada makalah. Biasanya daftar isi memuat bab, subbab, atau pembahasan yang lebih rinci. Daftar isi dibuat untuk memudahkan pembaca mencari di halaman berapa informasi yang diinginkan tertulis.

Contoh Daftar Isi Makalah:

HALAMAN JUDUL … (halaman)

KATA PENGANTAR … (halaman)

DAFTAR ISI … (halaman)

BAB I PENDAHULUAN … (halaman)

1.1 Latar Belakang … (halaman)

1.2 Rumusan Masalah… (halaman)

1.3 Tujuan Pembahasan… (halaman)

BAB II ISI (PEMBAHASAN) … (halaman)

Subbab sesuai rumusan masalah… (halaman)

BAB III PENUTUP … (halaman)

3.1 Kesimpulan … (halaman)

3.2 Saran … (halaman)

DAFTAR PUSTAKA … (halaman)

3. Kata Pengantar

Kata pengantar umumnya terdiri dari empat bagian penting. Pertama, bagian rangkuman dari apa yang akan dibahas. Kedua, ucapan syukur dan terima kasih. Bagian ketiga berhubungan dengan proses pembuatan dan terakhir adalah harapan penulis.

Contoh Kata Pengantar Makalah:

KATA PENGANTAR

Segala puji kami ucapkan kepada Tuhan YME. Dengan segala rahmatnya, kami bisa menyusun makalah berjudul (JUDUL) dengan baik. Segala halangan dapat kami lalui sehingga tulisan ini bisa selesai tepat waktu.

Tidak lupa kami ucapkan terima kasih pada bapak/ibu guru/dosen yang telah membimbing kami, serta segala pihak yang mempercepat penyusunan tulisan ini dengan baik.

Kami berharap tulisan ini dapat diterima dan memberikan sumbangsih pada masyarakat. Meski banyak yang masih kurang, kami bersedia menerima kritik dan saran yang membangun.

Surabaya, 16 Juli 2020

Penyusun

4. Pendahuluan

Bagian pertama atau Bab I berisi pemaparan permasalahan. Permasalahan ini dijadikan dasar untuk bahasan hingga tercipta sebuah kesimpulan. Contoh pendahuluan makalah terdiri dari:

  • Latar Belakang Masalah
  • Rumusan Masalah
  • Tujuan Pembahasan

Contoh Latar Belakang Makalah:

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Jumlah pengguna internet di Indonesia terus mengalami kenaikan. Pada tahun 2020 kuartal pertama, terhitung 175 juta orang sudah bisa mengakses internet. Dari jumlah itu, sekitar 90% menggunakan ponsel pintar sebagai gawainya.

Naiknya tren peningkatan juga diikuti oleh perilaku belanja. Saat ini masyarakat mulai banyak melakukan pembelian produk dan jasa secara online. Hal ini memunculkan peluang penjualan produk dan jasa secara online yang tanpa batas ruang dan waktu.

5. Isi

Uraian dari apa yang muncul pada rumusan masalah. Pada bagian ini, masalah dijelaskan secare terperinci sampai ke bagian penyelesaian. Bagian terpenting pada contoh makalah ada pada Bab II ini. Tidak mengherankan jika halamannya selalu lebih banyak.

6. Penutup

Penutup terdiri dari dua bagian, yaitu kesimpulan dari apa yang dibahas dan saran untuk pembaca. Bagian ini juga penting karena merupakan ikhtisar dari segala hal yang sudah dibahas secara panjang lebar sejak Bab I.

Contoh Penutup Makalah:

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Naiknya pengguna internet mobile di Indonesia berbanding lurus dengan naiknya peluang jual beli online. Hal ini juga sejalan dengan munculnya online marketing dengan pemanfaatan media sosial untuk menerbitkan konten berkualitas.

Meski peluang untuk jual beli online meningkat, strategi yang diterapkan harus sesuai. Jika strateginya salah, peluang mendapatkan leads yang besar dan mendorong pada konversi atau closing tetap akan rendah.

Contoh Saran dalam Makalah:

Saran

Dalam pembuatan makalah, berbagai kekurangan mungkin masih terjadi. Untuk itu, kami menerima saran serta kritik membangun agar makalah ini lebih sempurna. Selain itu, kami juga berharap agar makalah ini bisa dikembangkan lebih baik lagi.

7. Daftar Pustaka 

Berisi daftar referensi yang dipakai dalam pembuatan makalah. Sumber yang digunakan bisa berupa buku, jurnal, dan artikel ilmiah. Informasi dari sumber mulai dari judul, nama penulis, tahun terbit, dan penerbit harus dicantumkan secara rinci.

Contoh Daftar Pustaka Makalah:

Dalman. 2012. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Press

Format Penulisan Makalah Ilmiah

Setiap lembaga pendidikan biasanya memiliki format penulisan contoh makalah yang berbeda-beda. Namun, secara umum format di bawah ini digunakan oleh banyak lembaga mulai dari SMA sampai perguruan tinggi.

  • Biasanya ada batasan 15 halaman. Batasan ini bisa diubah sesuai kesepakatan antara guru atau dosen dengan muridnya.
  • Kertas menggunakan ukuran A4.
  • Margin makalah 3 cm untuk semua sisi.
  • Semua bagian ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia baku serta mematuhi kaidah PUEBI.
  • Contoh makalah yang lebih kompleks mencantumkan lembar pengecekan atau verifikasi.

Tahapan Pembuatan Makalah

Secara umum ada lima tahapan pembuatan makalah. Semua tahapan ini bisa digunakan, tetapi contoh makalah sederhana yang ditulis oleh pelajar biasanya menghilangkan beberapa langkah. Berikut cara membuat makalah:

1. Persiapan

Saat persiapan, beberapa langkah di bawah ini harus dilakukan semua:

  1. Menerapkan metode pengumpulan data, bisa dilakukan dengan mengumpulkan materi dari buku, jurnal, atau artikel ilmiah
  2. Membuat batasan masalah agar topik tidak melebar ke mana-mana
  3. Menganalisis calon audiens
  4. Melakukan penelitian (untuk contoh makalah kerja)
  5. Membuat kerangka umum dan mencatat apa saja yang penting.

2. Penulisan Draf 

Menulis secara lebih detail apa saja yang tercantum dalam kerangka. Penulis boleh saja memasukkan apa saja untuk membuat draf pertama selesai. Penulisan jangan dibatasi dahulu agar semua ide bisa diungkapkan dengan baik.

3. Revisi Isi

Melihat kembali batasan tema yang diambil, mengecek pembahasan yang telah dibuat dalam draf kemudian menambal sulam substansinya agar sempurna. Proses ini bisa dilakukan sendiri atau dibantu oleh guru/dosen.

4. Revisi Format

Revisi dilakukan untuk mengecek kesesuaian tulisan dengan PUEBI, kesalahan tata letak, margin, dan hal teknis lainnya. Cek juga cover agar sesuai dengan pakem yang diberikan oleh instansi/sekolah/kampus.

5. Publikasi

Pada tahap ini, makalah akan dibaca orang lain dan dipresentasikan. Bisa dalam bentuk seminar dengan banyak peserta atau di depan kelas.

Cara Membuat Makalah

Contoh makalah Ilmiah untuk Pelajar dan Mahasiswa 

Maya Angelou seorang penulis terkenal pernah berkata:

Words mean more than what is set down on paper. It takes the human voice to infuse them with deeper meaning.

Maka bisa disimpulkan, menulis itu sangat penting termasuk membuat makalah.

Untuk memudahkan Anda memahami makalah, simak contoh makalah di bawah ini. Setiap bahasan contoh makalah hanya akan memuat Pendahuluan, Isi, dan Penutup secara singkat.

1. Contoh makalah KWU (Kewirausahaan)

Judul: Peran Internet dalam Meningkatkan Kemajuan UMKM di Indonesia (Go Online)

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Jumlah pengguna internet di Indonesia terus mengalami kenaikan. Pada tahun 2020 kuartal pertama, terhitung 175 juta orang sudah bisa mengakses internet. Dari jumlah itu, sekitar 90% menggunakan ponsel pintar sebagai gawainya.

Naiknya tren peningkatan juga diikuti oleh perilaku belanja. Saat ini masyarakat mulai banyak melakukan pembelian produk dan jasa secara online. Hal ini memunculkan peluang penjualan produk dan jasa secara online yang tanpa batas ruang dan waktu.

Indonesia juga memiliki lebih dari 50 juta pelaku UMKM yang telah didata oleh BPS  pada tahun 2017. Sayangnya, tidak sampai satu per lima dari jumlah itu yang memahami internet dengan baik dan memakainya untuk go online.

Padahal, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian terus menggenjot UMKM. Targetnya dalam memasuki dekade 2020, akan banyak industri kecil yang memanfaatkan internet untuk melancarkan penjualannya secara online.

1.2 Rumusan Masalah

Rumusan masalah berdasarkan latar belakang yang telah ditulis sebelumnya adalah:

1. Apa masalah UMKM yang belum tersentuh internet?

2. Bagaimana cara menggunakan internet untuk kemajuan UMKM?

1.3 Tujuan Pembahasan

Makalah ini dibuat untuk mengetahui apa saja masalah UMKM di era internet dan cara menggunakan internet untuk bisnis.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Masalah UMKM yang Belum Tersentuh Internet

Dilansir dari Antara News, Kominfo menyampaikan bahwa pada tahun 2018, sebanyak 6 juta pelaku UMKM telah memanfaatkan internet. Mereka mulai melakukan penjualan secara daring meski masih jauh di luar target pemerintah.

Pemerintah menargetkan 8 juta UMKM untuk go online. Upaya penggenjotan pun dilakukan karena pelaku UMKM konvensional masih sering mengalami beberapa masalah klasik di bawah ini.

2.1.1 Sulit Menemukan Pembeli yang Sesuai

Sebuah produk dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar. Apabila pasar tidak membutuhkannya, produk akan sulit melakukan penetrasi. Bahkan, ada kemungkinan besar produk tidak laku di pasaran.

Dalam menjalankan bisnisnya, pelaku UMKM konvensional sulit menemukan pembeli yang benar-benar sesuai. Mereka tidak mengetahui target market dengan jelas. Hal ini berdampak pada minimnya konversi pembelian dalam jangka waktu singkat.

2.1.2 Terkendala Distribusi Barang 

Persoalan distribusi tetap menjadi masalah klasik bagi pelaku UMKM. Tidak sedikit pelaku UMKM yang hanya memasarkan produk di daerahnya saja atau paling jauh di kota sebelah. Padahal, jika ingin mendapatkan untung besar mereka harus menjangkau pasar yang lebih luas.

2.1.3 Promosi Tidak Bisa Maksimal

Efek domino dari minimnya pengetahuan tentang target market yang sesuai hingga sulitnya distribusi juga berimbas pada promosi. Selama ini, UMKM hanya melakukan promosi melalui pameran yang diadakan beberapa bulan sekali saja.

Selain itu, promosi dari mulut ke mulut juga sering dilakukan. Namun, upaya promosi semacam ini belum berdampak banyak pada penjualan. Bahkan, pelaku bisnis bisa mengalami kerugian operasional saat sering mengikuti pameran.

2.1.4 Tidak Memahami Persaingan

Tidak terhubung dengan internet akan menyulitkan pelaku UMKM dalam memahami persaingannya. Mereka tidak akan tahu siapa saja pemain bisnis produk yang menjadi kompetitornya. Padahal, memahami persaingan adalah hal paling penting dalam bisnis.

Dengan memahami persaingan, UMKM bisa memiliki strategi pemasaran yang sempurna, bisa mencari celah untuk memberikan keunikan pada produk, dan melakukan inovasi.

2.2. Cara Menggunakan Internet untuk Kemajuan UMKM

Pemakai internet di Indonesia cukup banyak. Menurut data yang disadur dari Kata Data, sebanyak 1.000 juta orang sudah melek internet. Mereka menggunakan internet via ponsel pintar untuk mencari informasi dan berbelanja.

Berangkat dari data itulah, UMKM harus bisa menggenjot penjualan secara online. Untuk melakukan itu, mereka bisa memanfaatkan internet sebagai sarana promosi maupun tempat melaksanakan transaksi jual beli.

2.2.1 Melakukan Promosi Sesuai Target Market

Internet bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi secara tertarget. Kita ambil contoh saat akan menjual tas kerajinan rotan. Produk ini memiliki target market wanita dan bisa dikhususkan lagi pada kelompok milenial.

Promosi bisa dilakukan menggunakan media sosial baik itu Facebook atau Instagram. Fasilitas iklan di media sosial sekarang ini telah memiliki fitur pengaturan target market berdasarkan jenis kelamin, usia, dan karakteristik lainnya. Nantinya, konten promosi bisa diiklankan dengan menyasar target market wanita dengan usia spesifik 19-34 tahun.

2.2.2 Melakukan Penjualan Langsung

Penjualan yang dilakukan secara online tidak memiliki batasan ruang dan waktu. Kapan saja bisa dilakukan dan konversi penjualan pun terus berjalan. Pelaku UMKM bisa memanfaatkan marketplace yang ada saat ini sebagai etalase penjualan.

Marketplace dipilih karena di sana berkumpul jutaan pembeli dari seluruh Indonesia. Maka, peluang terjualnya barang akan tetap besar. Apalagi target market-nya jelas dan produk yang dijual memiliki kualitas unggul.

2.2.3 Membangun Branding Produk

Branding produk UMKM juga sangat penting agar masyarakat lebih familier. Cara ini akan meningkatkan kesadaran merek di kalangan target market. Jadi, calon pembeli sudah paham produk, jauh sebelum mereka membelinya.

Cara ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial. Pelaku UMKM bisa membuat konten bermanfaat seperti artikel, infografis, atau video untuk mengenalkan produk beserta keunggulannya dibanding kompetitor.

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Memanfaatkan internet untuk peningkatan usaha UMKM di era digital harus terus dilakukan. Dengan memanfaatkan internet, semua pelaku usaha bisa meningkatkan volume promosi, penjualan, dan menghemat biaya operasional.

Internet juga bisa dipakai untuk memahami persaingan pasar, melakukan inovasi produk, dan melakukan branding. Dengan melakukan ini, kesadaran produk UMKM akan dimiliki masyarakat dan peluang untuk menarik pembeli menjadi semakin besar.

3.2 Saran

Semoga makalah ini bisa menjadi acuan guna memajukan bisnis UMKM. Penulis juga berharap adanya saran dan kritik membangun agar tulisan ini lebih baik atau dapat dikembangkan lagi dalam makalah lain.


2. Contoh makalah Pendidikan

Judul: Memahami Masalah Pembelajaran secara Daring di Masa Pandemi Covid-19 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Perkembangan pandemi Covid-19 di Indonesia masih terus mengalami tren kenaikan. Hingga medio Juli 2020, sudah tercatat 80 ribu orang terinfeksi. Jumlah ini naik dua kali lipat sejak Juni 2020 yang hanya 38 ribu saja.

Tingginya angka infeksi Covid-19 di Indonesia membuat dunia pendidikan mulai mengubah kegiatan belajar-mengajar. Apabila sebelumnya dilakukan di dalam kelas, saat ini kegiatan belajar-mengajar banyak menggunakan sistem daring atau online.

Sistem daring dipilih karena tidak melakukan kontak dan berkerumun dengan banyak orang. Dengan demikian, pencegahan penularan Covid-19 secara physical distancing dapat dimaksimalkan. Hal ini akan berjalan hingga kondisi pandemi membaik.

Meski memberikan manfaat untuk mencegah penularan virus, pembelajaran secara daring masih memunculkan masalah. Efektivitasnya masih dipertanyakan karena tidak semua daerah dan individu cocok dengan sistem pembelajaran daring.

1.2 Rumusan Masalah

Rumusan masalah berdasarkan latar belakang yang telah ditulis sebelumnya adalah:

1. Apa masalah pembelajaran secara daring di Indonesia?

1.3 Tujuan Pembahasan

Makalah ini dibuat untuk mengetahui masalah yang terjadi saat melakukan pembelajaran daring di Indonesia.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Masalah Pembelajaran Daring di Indonesia

Solusi yang ditawarkan oleh pemerintah untuk mengatasi masalah kegiatan belajar selama pandemi Covid-19 adalah pembelajaran daring atau online. Pembelajaran ini dipilih karena bisa mencegah penularan virus. Sayangnya, pembelajaran daring tidak cocok untuk semua pelajar.

2.1.1 Infrastruktur yang Belum Memadai

Infrastruktur yang dimiliki Indonesia khususnya jaringan internet belum merata. Meski beberapa kota besar di Pulau Jawa memiliki infrastruktur memadai, kawasan pelosok seperti di Papua atau Maluku masih sangat minim.

Tanpa infrastruktur yang baik, koneksi internet tidak akan bisa dimaksimalkan. Meski sudah ada, kemungkinan besar jaringannya lambat. Efeknya, pembelajaran secara online khususnya melalui video call atau streaming akan sulit dilaksanakan.

2.1.2 Kendala Gadget

Tidak semua siswa memiliki gawai untuk melakukan pembelajaran daring. Ponsel pintar dan laptop hanya dimiliki oleh mereka yang mampu. Efeknya, mereka yang ada di kelas bawah tidak akan bisa mengikuti pelajaran dengan baik.

Keharusan memiliki gawai sulit dipaksakan dengan kondisi ekonomi yang sedang buruk saat pandemi. Apalagi, banyak terjadi PHK sampai pemotongan gaji. Bagi beberapa orang tua siswa, kondisi seperti ini sangat memberatkan.

2.1.3 Kendala Paket Internet

Saat ini harga paket internet masih terbilang mahal. Selain itu, tidak semua anak mudah mendapatkan akses Wifi sehingga proses belajar akan terganggu.

Apalagi pembelajaran dengan memanfaatkan video memerlukan paket data yang sangat banyak. Efeknya, pemborosan akan terjadi, apalagi dilakukan secara terus-menerus. 

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Pembelajaran secara daring atau online  memang memberikan manfaat untuk kondisi pandemi. Namun, disisi lain masih terdapat masalah khususnya yang berhubungan dengan infrastruktur, gawai, sampai paket data.

Pemerintah sudah seharusnya memudahkan proses pembelajaran. Bukan menyulitkan mereka di masa pandemi. Untuk itu, peninjauan kembali harus dilakukan sampai semua pelajar siap dengan sistem pembelajaran online.

3.2 Saran

Semoga makalah ini bisa membantu memahami masalah pembelajaran daring di Indonesia saat pandemi. Penulis juga berharap adanya saran dan kritik membangun agar tulisan ini lebih baik atau bisa dikembangkan lagi di makalah lain.


Selain contoh makalah di atas, berikut kami bagikan juga untuk kamu contoh makalah docx yang bisa kamu download.

3. Makalah Narkoba

Contoh makalah mahasiswa ini bisa menjadi pertimbangan dalam membuat karya ilmiah berkaitan dengan narkoba. Di dalamnya, tercantum format makalah yang tepat dengan disertai informasi akurat mengenai hal-hal berkaitan narkoba.

4. Makalah Pemanasan Global

Makalah pemanasan global menjadi tema penting yang perlu dikaji secara mendalam. Lewat pembahasan tema ini, masyarakat bisa lebih tahu mengenai dampak dari pemanasan global dan cara mencegahnya.

5. Makalah Renang

Contoh makalah renang menjadi contoh karya tulis ilmiah berikutnya yang bisa Anda unduh di sini. Makalah ini menjelaskan teori tentang renang dan manfaatnya bagi kesehatan.

6. Makalah Penelitian

Penelitian tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pelaksanaan penelitian harus sistematis dan berdasarkan fakta yang ilmiah. Makalah ini memberi panduan yang bisa memberi manfaat dalam melakukan penelitian secara benar.

7. Makalah Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja menjadi salah satu problematika dalam kehidupan bermasyarakat. Contoh makalah mahasiswa ini bisa membantu dalam mengidentifikasi kenakalan remaja secara dini dan cara penanggulangannya dengan baik.

8. Makalah Pancasila

Pancasila merupakan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Makalah yang secara khusus membahas tentang Pancasila menjadi sarana para pembaca makalah untuk mempelajari dan mengetahui maknanya lebih dalam.

9. Makalah Bola Voli

Contoh makalah tentang bola voli menjadi informasi penting untuk para pembaca yang memiliki ketertarikan pada dunia olahraga, khususnya olahraga bola voli.

10. Makalah Bola Basket

Makalah terkait bola basket menjadi jenis karya tulis ilmiah yang bisa Anda jadikan referensi. Di sini, Anda akan menemukan penyusunan makalah bola basket yang komprehensif dengan disertai susunan, struktur, dan kerangka makalah yang benar.

11. Makalah Demokrasi

Makalah demokrasi juga perlu menjadi pengetahuan penting untuk setiap warga negara Indonesia. Apalagi, Indonesia merupakan salah satu negara yang menggunakan prinsip demokrasi.

Semoga contoh makalah di atas bermanfaat untuk Anda yang sedang mengerjakan tugas atau ingin menjadi pemateri seminar.

Tinggalkan komentar